Tips Menggunakan Ponsel Android untuk Pemula

Halo halo ketemu lagi dengan saya :D
Jangan bosen sama saya dulu ya, karena saya pengen ngasih trik nih kawan hohohoho
2 hari kemarin kan saya nge-share tentang Android tuh, nah pasti banyak yang pengen punya ponsel berbasis Android kan? Hayo ngaku saja .. Nah sebagai pengguna baru Android, pasti kawan-kawan kerepotan dengan sistem kerja nya. Bagaimana caranya ini, bagaimana caranya itu, cara ini cara itu banyak sekali *lho kog malah nyanyi theme song doraemon* langsung saja ya, saya akan berbagi informasi seputar cara menggunakan Android. Oke Cekidot..

Membuat Akun Google
Pada awal pembelian ponsel Android, pasti kawan-kawan dibingungkan dengan bagaimana cara mendownload aplikasi di ponsel. Nah Android itu punya fasilitas yang namanya Android Market, tapi sekarang namanya diganti menjadi Google Play Store kawan. Jika ingin menggunakan fitur tersebut, kawan-kawan diharuskan untuk login ke account Google dulu, itu loh si Gmail. Apakah kawan-kawan dibingungkan oleh settingan internetnya? Oke saya beri tips
  1. Isi pulsa / daftar paket internet terlebih dahulu
  2. Pastikan koneksi internet sudah aktif. Coba buka aplikasi browser internet, kalau bisa membuka halaman website, berarti koneksi internet sudah aktif. Kalau tidak bisa terkoneksi ke internet, cek pengaturannya.
  3. Nah tahap yang ini baru login Gmail. Kawan-kawan bisa login dari Play Store atau masuk ke menu Gmail. Disitu kawan-kawan bisa langsung login atau membuat account baru bagi yang belum mempunyai account Google. Tinggal mengikuti langkah-langkah yang ada di layar ponsel kog hehehe :p
Oh iya, sebagai catatan nih kawan. Lebih baik untuk mencatat akun Gmail dan Password nya supaya tidak lupa, karena ini penting lho. Soalnya tidak mudah mengganti account Gmail yang sudah terintegrasi dengan ponsel.

Cara Lock dan Unlock Screen
Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan ponsel pasti sudah tau ya? Tinggal tahan tombol powernya aja kawan. Nah untuk cara lock dan unclock screen juga sangat mudah kawan, sama seperti cara mengaktifkan ponsel, tp beda nya tombol power bukan ditahan, melainkan ditekan saja.

Fungsi Tombol-Tombol pada Ponsel
Untuk mengoperasikan ponsel Android, selain menggunakan layarnya, biasanya sudah dilengkapi oleh minimal 3 buah tombol fisik atau tombol sentuh yang (biasanya) akan diletakkan tepat dibawah layar. Ketiga tombol tersebut adalah tombol MENU, tombol HOME dan tombol BACK. Urutan penempatan tombol bisa saja berbeda antara satu HP dengan HP lainnya. Jika hanya terdiri dari tiga buah tombol, maka tombol HOME biasanya adalah tombol yang terletak di tengah.
  • Tombol MENU berguna untuk menampilkan pilihan tambahan dari setiap aktifitas yang dilakukan. Misalnya pada saat anda berada di home screen atau layar utama, bila anda menekan tombol MENU, maka akan muncul pilihan setting, wallpaper, notifications, dll.
  • Tombol HOME berguna untuk membawa anda ke home screen atau kembali ke layar utama.
  • Tombol BACK berguna untuk membatalkan pilihan atau kembali ke pilihan sebelumnya.
Cara Membuka Notifikasi 
Pasti kawan-kawan bingung jika ingin membuka notifikasi-notifikasi yang masuk ke ponsel, karena saking banyak nya notifikasi yang masuk contohnya SMS, email, facebook, twitter dsb. Nah ini cara yang mudah sekali kawan. Tinggal sentuh dan tahan layar bagian atas, lalu geser saja ke bawah. Taraaaaa.. Notifikasinya bisa dillihat dan dibuka deh #gubraaakk ...

Mengubah Bahasa 
Untuk mengubah bahasa, kawan - kawan bisa langsung masuk ke menu Setting (pengaturan) lalu pilih Language and Keyboard (bahasa dan keyboard). Nah tinggal pilih deh bahasa yang diinginkan, asalkan jangan pilih bahasa planet saja *gak ada kalik*
Mengatur Kecerahan Layar
Tekan tombol HOME  > tekan tombol MENU > pilih Settings (Pengaturan) > Display (Tampilan) > Brightness (kecerahan) > atur tingkat kecerahan yang kawan inginkan. Bila handphone Android memiliki sensor cahaya, kawan-kawan dapat mengatur agar handphone dapat mengatur tingkat kecerahan secara otomatis ketika berada di dalam ruangan atau berada di luar ruangan. Caranya adalah dengan mencentang pilihan automatic brightness (kecerahan otomatis).

Melakukan Panggilan
Untuk melakukan panggilan telepon, kawan-kawan perlu menekan gambar “gagang telepon” pada layar utama lalu tekan nomor tujuan setelah itu tekan tombol call yang biasanya berlatar belakang warna hijau. Untuk melakukan panggilan melalui daftar telepon yang perlu kawan-kawan lakukan adalah pergi ke aplikasi contacts atau phonebook atau buku telepon (tergantung jenis dan tipe handphone Android) setelah itu cari nama orang yang hendak dihubungi dengan cara menekan tombol MENU lalu pilih “search” lalu ketikkan nama orang yang dicari. Setelah menemukannya, silahkan sentuh di nama orang tersebut dan pilih Call.

Saya rasa cukup seperti itu dulu ya kawan, selebihnya pasti sudah bisa kan? Nah selamat mengutak atik ponsel Androidnya yaaa
Big thanks to http://harga-hp.com/cara-menggunakan-android thank you so much
dan SALAM TEKNOLOGI INFORMASI !!!! :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Instalasi Webserver, PHP dan MySql dalam satu langkah : XAMPP

About CCTV

Intel Siapkan 20 Tablet Windows 8