Selasa, 17 Juli 2012

Sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi

Tak tahu kenapa, saya lebih suka menulis tentang sejarah daripada menulis info up to date saat ini.
Nah supaya sejarahnya bisa berkaitan dengan teknologi, saya ingin share tentang sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pasti juga pada belum terlalu kenal tentang sejarah Teknologi Informasi dan Komunikasi kan ? Maka dari itu, ayo kita cek terlebih dahulu isi dari tulisan ini hohho .. Cekidot ..

Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. Semakin pesatnya perkembangan zaman, teknologi informasi dan komunikasi pun juga semakin berkembang dan maju. Ya berbanding lurus lah kawan. Suara dengusan dan isyarat gerak tangan mungkin tonggak awal dari cara berkomunikasi dan menyampaikan informasi. Kemudian diciptakanlah alat-alat yang menghasilkan bunyi dan isyarat pada zaman berikutnya. Lalu manusia mulai menciptakan alat-alat mekanik untuk proses perhitungan, dan tidak sampai disitu peneliitan terus dilakukan untuk menemukan alat-alat yang mampu memudahkan hidup manusia. Jadi, jangan selalu mengeluh akan hidup kita ya kawan, hidup pada masa dulu itu lebih sulit daripada sekarang. Jadi hargailah hidupmu.

Masa Pra Sejarah
Pada masa pra sejarah, manusia berkomunikasi dengan menggambarkan informasi pada dinding - dinding gua tentang berburu dan binatang buruannya. Manusia mulai mengenal berbagai benda yang ada disekitarnya dan melukiskan benda tersebut pada dinding-dinding gua untuk mewakilinya. Kemampuan bahasa mereka saat itupun hanya terbatas pada dengusan, bahasa isyarat dan gerakan tangan.

Masa Sejarah
Nah pada masa ini, perkembangan cara berkomunikasi semakin maju kawan, mulai dari ditemukannya abjad fonetik, kertas sebagai media menulis, sampai pada cara mencetak buku. Sistem tulisan pertama ditemukan oleh bangsa Sumeria kuno pada sekitar tahun 3000 SM. Tulisan dari bangsa Sumeria ini masih sangat sederhana, yaitu hanya berupa simbol-simbol yang diberi nama pictograf. Selain bangsa Sumeria, bangsa lain yang telah mengenal tulisan adalah bangsa Mesir kuno. Bangsa Mesir kuno sudah mengenal sistem tulisan hieroglyf sejak tahun 2800 SM. Berikut perkembangan informasi yang terjadi selama masa sejarah.

 Penemuan Alat TIK Masa Sejarah

Tahun
Peristiwa
3000 SM
Bangsa Sumeria menemukan tulisan untuk pertama kalinya. Tulisan tersebut berupa simbol-simbol yang disebut piktograf.
2900 SM
Bangsa Mesir kuno telah mengembangkan tulisan Hieroglif untuk berkomunikasi.
2500 SM
Abacus  
Alat ini dianggap sebagai alat perhitungan digital pertama kali. Belum jelas sumber asli dari abacus atau sempoa ini, diperkirakan berasal dari Babylon, Cina, atau Mesir.
1775 SM
Bangsa Yunani memperkenalkan sistem penulisan dari kiri ke kanan dengan menggunakan abjad fonetik yaitu huruf yang dibuat berdasarkan bunyi ucapan.
1400 SM
Bangsa China mulai menuliskan sejarah mereka pada kepingan tulang binatang.
1270 SM
Bangsa Suriah telah membuat Ensiklopedia untuk pertama kalinya
900 SM
Bangsa China membuat sistem pelayanan pos dan kantor pos yang pertama
776 SM
Bangsa Yunani mempergunakan burung merpati untuk mengirimkan informasi
530 SM
Bangsa Yunani juga membuat perpustakaan untuk pertama kalinya
500 SM
Bangsa Mesir kuno menggunakan serat pohon papyrus sebagai kertas
105 SM
Bangsa China menemukan kertas. Orang yang menemukan kertas itu bernama Tsai Lun. Kertas tersebut terbuat dari serat pohon bambu yang dihaluskan, disaring, dicuci, diratakan dan kemudian dikeringkan.
14 M
Bangsa Romawi secara resmi membuat sistem pelayanan pos
37 M
Kaisar Tiberius dari Roma menggunakan cermin sebagai alat mengirim pesan (heliograf).
305 M
Bangsa China menciptakan mesin cetak pertama yang terbuat dari lempengan kayu ukir. Sistem pencetakkan dilakukan dengan menggunakan blokm kayu yang ditoreh dan dilumuri oleh tinta.

Masa Modern
Pada masa ini terjadi kemajuan yang cukup berarti pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Berikut perkembangan yang terjadi selama masa modern.
Perkembangan Alat TIK Masa Modern
Tahun
Peristiwa
1450 M
Koran pertama di dunia mulai beredar di Eropa meski belum terbit secara harian
1455 M
Johann Gutenberg mengembangkan mesin cetak yang menggunakan plat huruf dari besi dan dibingkai dengan kayu yang dapat diganti-ganti
1560 M
Kamera foto pertama diciptakan dengan nama Camera Obscure
1642 M
Pascal’s Machine Aritmetique (The Pascaline) dibuat oleh Blaise Pascal ahli matematika dan ahli filsafat dari prancis. Alat ini merupakan alat perhitungan dengan mesin mekanik yang pertama, dan sampai saat ini computer modern masih menggunkan teknik alat ini.
1650 M
Surat kabar pertama beredar di Jerman
1714 M
Henry Mill dari Inggris menciptakan mesin ketik modern
1793 M
Claude Chappe membuat jalur telegraf optic jarak jauh
1821 M
Microfon untuk pertama kalinya ditemukan oleh Charles Whaetstone
1830 M
Agusta Lady Byron menulis Program komputer yang pertama bekerja sama dengan Charles Babbage menggunakan ide mesin Analytical
1831 M
Joseph Henry menciptakan jalur listrik pertama di dunia
1837 M
Samuel F.B. Morse bersama William Cook dan Charles Whaetstone mengembangkan telegraf dan kode Morse
1843 M
Alexander Bain menciptakan mesin Faksimili pertama
1861 M
Ditemukannya alat yang bernama Kinematoskop untuk memutar slide
1876 M
Thomas Alva Edison menemukan mesin fotocopi pertama, Alexander Graham Bell menyatakan dirinya yang telah menciptakan pesawat telepon. Pada tahun yang sama, Melvyl Dewey mengembangkan system pencatatan katalog buku untuk perpustakaan diseluruh dunia yang bernama Sistem Desimal Dewey
1888 M
Diciptakannya gulungan film untuk memotret oleh George Eastman
1910 M
Thomas Alva Edison menciptakan film bersuara pertama di dunia
1923 M
Ditemukannya pesawat televisi pertama oleh Vladimir Kosma Zworykin
1934 M
Joseph Begun mengembangkan Tape Recorder
1936 M
Komputer pertama di dunia dengan nama Z1 telah diciptakan oleh Konrad Zuse
1945 M
Vannevar Bush mengembangkan kode Hypertext
1946 M
ENIAC 1 yang merupakan komputer digital pertama dikembangkan
1957 M
Uni Soviet (RMusia) meluncurkan Sputnik sebagai satelit bumi buatan pertama, sedangkan di Amerika terbentuk ARPA (Advanced Research Projects Agency)
1958 M
Chester Carlson menciptkakan mesin fotokopi pertama dengan nama Xerox
1963 M
Amerika menciptakan sistem kode pos
1969 M
Lahirnya ARPANET sebagai cikal bakal adanya Internet
1971 M
Diciptakannya Disket pertama di dunia
1972 M
Ray Tomlinson menciptakan Program e-mail pertama
1973 M
Lahirnya protokol internet TCP/IP
1979 M
Jepang mempelopori terciptanya jaringan telepon tanpa kabel pertama di dunia
1980 M
Perusahaan Sony, Jepang membuat Walkman pertama di dunia
1985 M
Ditemukannya cakram penyimpan data (CD)
1992 M
Munculnya WWW oleh CERN (Laboratorium Partikel di Swiss)
1999 M
Munculnya raksasa mesin pencari informasi secara gratis di dunia yaitu Google.com

Sejarah Perkembangan Komputer
Perkembangan komputer terbagi menjadi 5 generasi, yaitu sebagai berikut.

1. Komputer Generasi Pertama (1940 s.d. 1959).
Komputer generasi pertama mempunyai ciri menggunakan tabung vakum untuk memproses dan menyimpan data, cepat panas dan mudah terbakar, oleh karena itu beribu-ribu tabung vakum diperlukan untuk menjalankan operasi keseluruhan komputer, dan juga memerlukan daya yang sangat besar. Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya.
Ciri-ciri komputer generasi pertama adalah:
-  Program dibuat dalam bahasa mesin,
-  Menggunakan konsep storage Program,
-  Komponen yang digunakan adalah tabung hampa udara,
-  Ukuran fisiknya besar sehingga membutuhkan daya listrik yang besar, serta
-  Dapat disimpan pada magnetic tape dan magnetig disk.
Contohnya, komputer IBM 701 yang dibuat tahun 1953 merupakan komputer komersial berukuran besar, sedangkan IBM 705 yang dibuat tahun 1959 digunakan dalam industri.

2. Komputer Generasi Kedua (1959 s.d. 1965)
Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom.
Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatansingkatan untuk menggantikan kode biner. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen- komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini seperti: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secara luas di kalangan industri.
Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer.
Ciri-ciri komputer generasi kedua antara lain:
-  Kapasitas memori utama cukup besar,
- Komponen yang digunakan adalah transistor yang jauh lebih kecil dibandingkan tabung hampa udara,
-  Menggunakan magnetic tape dan magnetic disk yang berbentuk removable disk,
-  Mempunyai kemampuan proses real-time dan time sharing,
-  Proses operasinya lebih cepat,
-  Orientasinya pada aplikasi bisnis dan teknik.
Contohnya, komputer PDP-5 dan PDP-8 yang dibuat tahun 1963 merupakan komputer mini komersial yang pertama. Selain itu, terdapat komputer IBM 7070, IBM 1400, NCR 300, dan sebagainya.

3. Komputer Generasi Ketiga (1965 s.d. 1970)
Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan system operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.
Ciri-ciri komputer generasi ketiga antara lain:
- Komponen yang dipakai adalah IV (Integrated Circuits) yang terdiri atas ratusan atau ribuan transistor berbentu hybrid integrated circuits dan monolithic integrated circuits,
-  Proses operasinya jauh lebih cepat dan lebih tepat, kapasitas memori komputer jauh lebih besar,
-  Ukuran fisik jauh lebih kecil sehingga penggunaan listrik lebih hemat,
-  Menggunakan magnetic disk yang sifatnya random access,
-  Dapat melakukan multiprocessing dan multiProgramming,
- Alat input-output mengalami pengembangan dengan menggunakan visual display terminal, serta
-  Dapat melakukan komunikasi data dari satu komputer dengan komputer lainnya.
Contohnya, komputer IBM S/30. NOVA, CDC 3000, PDP-11, dan lain sebagainya.

4. Komputer Generasi Keempat (sejak tahun 1970)
Sejak tahun 1970, dunia komputer mengalami dua perkembangan penting, yaitu:
- Penggunaan LSI (Large Scale Integration) yang disebut juga sebagai Bipolar Large Scale Integration
-  Menggunakan mikroprosesor dan semi konductor yang berbentu chip untuk memori komputer
Contohnya, komputer IBM 370 menggunakan Intel 4004 mikroprosesor yang dikembangkan pertama kali pada tahun 1971 oleh perusahaan Intel Corporation dengan menggunakan chip mikroprocessor. Personal computer (PC) mulai berkembang sejak tahun 1977, misalnya komputer Apple II dan komputer dekstop oleh Xerox Corporation. Pada tahun 1981, komputer mulai banyak menggunakan sistem Window dan mouse.

5. Komputer Generasi Kelima
Komputer generasi kelima kini sedang dalam pengembangan. Komponen yang dipakai adalah VLSI (Very Large Scale Integration). Saat ini sedang dikembangkan oleh Josephson Function yang diramalkan dapat menggantikan keberadaan chip. Negara yang mempelopori perkembangan komputer generasi kelima ini adalah Jepang. Kemungkinan pengembangan komputer lainnya ialah kemampuan komputer memecahkan masalah sendiri dengan bantuan AI (Artificial Intellegence). Hal ini dapat diterapkan untuk mengoperasikan robot.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi memang telah memudahkan manusia dalam berbagai bidang.  Namun, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tak selamanya memiliki dampak yang baik lho kawan. Kita harus lebih bijaksana dalam menyikapi era informasi tanpa batas sekarang ini. Jadi, pintar - pintarnya kita lah untuk bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk bagi kita.

Big Thanks to
wikipedia
http://iwak-pithik.blogspot.com
http://saptarigeg.blogspot.com
SALAM TEKNOLOGI INFORMASI!!! :D



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar