Efek Samping Terlalu Lama di Depan Komputer

Hai kawan - kawan semuaaa
Apa karebaaaa ???
Semoga baik - baik saja dan masih pada lindungan Tuhan ya
Maaf untuk postingan yang terlambat nih
Kemarin sibuk soalnya *lebih tepatnya sok sibuk hahaha*
Kali ini saya akan share tentang efek samping terlalu lama di depan komputer. Semoga bermanfaat yaa.. Oke Cekidot



Era saat ini memang komputer tak bisa lepas dari tangan kita. Lihat saja kawan, tugas - tugas perkuliahan membutuhkan komputer, begitu juga semua pekerjaan di segala bidang. Komputer berperan sangat penting di kehidupan kita sekarang ini. Memang manfaat yang ditimbulkan dari komputer itu sendiri sangat banyak yang kita rasakan, namun apakah kawan - kawan pernah berfikir tentang dampak yang buruk yang ditimbulkan oleh komputer? Pasti banyak dari kawan - kawan yang menghiraukan dampak tersebut dikarenakan dampaknya tak sebanding dengan kegembiraan yang dapat diambil dari komputer, contohnya bermain game online.

Dalam hasil riset sebuah tim kesehatan dari dari Universitas Chiba di Jepang, semakin sering duduk di depan komputer, makin rentan kita untuk terjangkit lelah fisik, mental dan sulit tidur lho kawan. Dr. Tetsuya Nakazawa dan beberapa orang rekannya melakukan survey terhadap 25 ribu pekerja kantoran yang biasa bekerja di depan komputer.

Hasilnya para pekerja kantoran banyak mengeluh tentang sakit kepala, mata lelah, sakit para persendian, dan pegal di bagian bahu. Selain itu mereka juga banyak merasakan gejala mental, seperti lethargy atau sejenis alergi pada zat tertentu, kecemasan dan keengganan untuk berangkat ke tempat kerja. Serta terkena insomnia atau susah tidur. Kepenatan yang luar biasa itu kebanyakan menimpa para pekerja yang menghabiskan waktu lebih dari lima jam per hari di depan layar komputer.

"Hasil survey ini memperlihatkan bahwa berapa lamanya waktu anda didepan komputer dalam sehari, sangat berpengaruh pada tingkat kesadaran diri seseorang. Dan tindakan pencegahan dari kerusakan mental dan gangguan tidur adalah meminta anda untuk mengurangi waktu duduk didepan komputer. Tidak lebih dari lima jam per hari," demikian bunyi laporan penelitian tersebut. (CNN/D.A Candraningrum)

Nah, kalau yang ini suatu penelitian yang dilakukan di Amerika kawan, menunjukkan bahwa:
  1. 60 juta orang Amerika menderita mata kering, lelah dan merasa tidak nyaman pada mata akibat penggunaan komputer yang berlebihan.
  2. 15 juta orang Amerika menderita Computer Vision Syndrome : Pandangan kabur dan tidak fokus, Mata tegang dan lelah, Mata kering dan perih, Sakit kepala.
  3. Kekeringan pada mata terjadi akibat saat berkonsentrasi menatap monitor konputer frekuensi kedipan mata berkurang sebesar 65% dari normal. Dari 14 kali/menit menjadi 5 kali/menit.
Computer Vision Syndrome atau CVS ini oleh persatuan dokter mata Amerika, The American Optometric Association (AOA), didefinisikan sebagai masalah mata dan penglihatan yang kompleks yang berhubungan dengan pekerjaan, yang dialami selama atau berhubungan dengan penggunaan komputer. Computer Vision Syndrome biasanya terjadi karena sistem pencahayaan yang salah, kurang berkedip dan juga posisi duduk yang tidak benar.
Gejala CVS atau Sakit Mata Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan ini meliputi :
  • Mata merah, pedih dan berair
  • Mata kering atau iritasi
  • Mata terasa lelah / tegang
  • Kelopak mata atau dahi terasa berat
  • Sakit kepala atau migrain (sakit kepala sebelah)
  • Rasa sakit pada bahu
Macam-Macam Sakit Mata Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan
  1. Mata Kering atau Iritasi Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan
  2. Penglihatan Kabur Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan
  3. Mata Lelah/ tegang Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan
  4. Lambat Fokus Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan
  5. Penglihatan Ganda Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan
  6. Sakit Kepala Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan
  7. Sakit Leher/ Punggung Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan 
Penggunaan komputer yang berlebihan, selain mengalami CVS atau Sakit Mata Akibat Penggunaan Komputer Berlebihan, juga bisa menyebabkan miopia (rabun jauh), tekanan bola mata tinggi (glaukoma) dan tarikan pada otot luar bola mata.

Ini nih kawan - kawan ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar mata kita tidak cepat lelah saat bekerja di depan komputer, yaitu:
  • Beristirahatlah 10 hingga 15 menit
  • Lihat objek yang jauh kurang lebih selama 10 detik
  • Stretching atau melakukan latihan mata
  • Atur pencahayaan dari komputer
  • Istirahatkan mata selama 1 jam
  • Atur posisi duduk (90 derajat), posisi keyboard (100 derajat) dari siku
  • Jarak layar komputer sekitar 50-75 cm dari mata
Nah demikian postingan dari saya, semoga bermanfaat bagi kita semua ya :D
Terimakasih sebanyak - banyak nya buat:
bintangrembulan.blogspot.com
www.mindtalk.com
See you soon 
SALAM TEKNOLOGI INFORMASI !!!! :D


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Instalasi Webserver, PHP dan MySql dalam satu langkah : XAMPP

About CCTV

Intel Siapkan 20 Tablet Windows 8