Mobil Tanpa Supir

Pernah terbayang tidak, punya supir pribadi yang bisa mengantarkan kita kemana saja dan kapan saja pada saat kita butuhkan? Dan juga tidak perlu repot - repot untuk bertanya kepada orang kalau sedang tersesat atau tidak tau arah jalan? Hmmm, pasti sangat menyenangkan yah.



Sukses mengubah cara pandang publik di seantero jagat lewat mesin pencari dan sistem navigasi, Google kembali melahirkan terobosan baru nih kawan. Kali ini, raksasa software dan internet Amerika Serikat (AS) yang berpusat di Kota Mountain View, Santa Clara County, Negara Bagian California, itu menciptakan mobil jenius lho. Kenapa dikatain jenius ya kawan? Soalnya mobil ini dapat melaju tanpa ada pengemudinya. Wow .. keren banget ini mah. Teknologi mutakhir ini dinamakan Google Self Driving Car.

Untuk mendapat Surat Ijin Mengemudi dan plat mobil, penduduk yang tinggal di Amerika hanya perlu datang ke DMV (Departement of Motor Vehicles), Departemen Kendaraan Bermotor yang mengeluarkan SIM. Namun kali ini, DMV di Nevada memberikan sebuah plat mobil yang unik kepada perusahaan Google. Padahal ini baru tahap uji coba lho kawan - kawan. Sebelumnya mobil ini telah di uji coba di Las Vegas dan Carson City.

Juru bicara DMV, Tom Jacobs yang mengamati uji coba jalannya kendaraan itu di jalan raya tanpa dikendalikan oleh pengemudi mengatakan bahwa sistim rem, akselerasi dan kemudi mobil tersebut masih dalam proses penyempurnaan. Mobil tanpa sopir ini juga dapat dioperasikan secara manual. Cukup dengan menginjak pedal rem atau memutar setir. Gubernur Nevada juga pernah berada di dalam mobil yang beroperasi tanpa supir itu dan melakukan uji coba sejauh hampir 38 kilometer. Ia pun takjub akan kemampuan mobil tersebut.

Tapi yang menjadi pertanyaan, bagaimana sistem keamanan yang diberikan oleh Google Self Driving Car? Oh tenang saja kawan, Google telah melengkapi mobil tersebut dengan teknologi radar laser yang bernama LIDAR atau Light Detection and Ranging yang dipasang dibagian atap, depan, dan belakang mobil, yang nantinya radar tersebut akan mendeteksi sinyal dari objek - objek di sekitarnya antara lain kendaraan, manusia, pohon, dinding, trotoar dll. Sehingga objek - objek tersebut dapat dihindari saat mobil sedang melaju.

Steve, yang mempunyai penglihatan sangat buruk, ikut menguji kemampuan mobil itu. Mobil tersebut mampu mengantar Steve ke tempat-tempat yang ia ingin datangi tanpa Steve harus menyentuh kemudi sama sekali.

Google yang mempunyai delapan mobil uji coba, termasuk, mobil Toyota, Lexus dan Audi ini, berharap dapat memasarkan teknologi mobil tanpa pengemudi ini ke perusahaan pembuat mobil.

Mobil tersebut menggunakan perangkat lunak untuk mengoperasikan kendaraan, alat untuk menyensor jarak dan perangkat data GPS untuk menetapkan tempat tujuan. Sesuai dengan ijin layak jalannya yang unik, mobil itu pun memerlukan plat mobil khusus, yaitu plat yang berwarna dasar merah dan sebuah simbol tak terhingga atau “infinity” menyerupai angka delapan karena dianggap melambangkan mobil masa depan, demikian dikatakan direktur DMV di Nevada, Bruce Breslow.

Gimana kawan - kawan? Masih pengen punya supir yang almost perfect apa Google Self Driving Car? Hohohoho
Thanks to:
http://idteknologi.com/mobil-tanpa-supir.html
http://www.voaindonesia.com/content/google-kembangkan-mobil-tanpa-sopir/1178680.html
http://sidomi.com/93036/google-self-driving-cars-mobil-tanpa-pengemudi-telah-diuji-coba/
SALAM TEKNOLOGI INFORMASI !!!! :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Instalasi Webserver, PHP dan MySql dalam satu langkah : XAMPP

About CCTV

Intel Siapkan 20 Tablet Windows 8